BORO TAMAGO

BORO TAMAGO

Boro Tamago dalam bahasa jepang artinya biskuit telor. Biasanya diberikan pada anak bayi di daerah Jepang. Biskuit ini melted di lidah dan rasanya enak. Bahannyapun simple dan tanpa obat. Seharusnya menggunakan tepung kentang (potatostarch), namun karen saya sulit menemukannya, maka saya ganti dg tepung maizena. Dari resep asli yang saya temukan di beberapa sumber internet.. dibawah ini adalah resep modifikasi yang saya buat.

Bahan-bahan
250 grm potatostarch (saya ganti dengan cornstarch/tepung maizena)
3 butir kuning telor
5 sdm gula halus
4 sdm susu bubuk instan
1 sdm margarin atau salted butter
4-5 sdm susu cair full cream

Cara Membuatnya
Di dalam wadah, Aduk kuning telor sampai pucat. Sisihkan.
Di wadah lain, campur semua bahan kering yaitu: tepung, susu bubuk, dan gula halus. Aduk rata.
Masukkan adonan kering dan margarin pada adonan kuning telor. Lalu aduk rata dengan garpu. Adonan akan menggrindil dan belum menyatu. Jangan kuatir krn kita belom sampai tahap akhir
Tambahkan ke adonan, susu cair sedikit demi sedikit sampai adonan dapat dibentuk bulat-bulat.
Jika adonan terlalu basah tambahkan tepung. Simpan adonan di kulkas dg ditutup plastick wrap kurleb 30 menit, utk menghindari adonan melebar saat dibentuk.
Jika udara terlau panas, adonan akan melebar. jangan kawatir simpan di kulkas sebentar, lalu bulatin kembali..

Panggang diatas loyang yg sdh diberi kertas anti lengket (parchment paper) dg suhu 170° Celcius selama kurleb 15 menit atau sampai adonan berubah kekuningan dibagian bawahnya.. jgn overheat krn akan membuatnya retak.

Utk mempercantik hias dg edible pen atau pewarna makanan menggunakan ujung tusuk gigi dan hias. Foto disamping adl edible pen.

0 Response to "BORO TAMAGO"

Posting Komentar

wdcfawqafwef